Jaman
sekarang siapa yang tidak mengenal twitter?
Hampir setiap orang sudah menggunakan social media dengan berlogo burung biru
tersebut, dengan mengusung konsep microblogging yang mengedepankan kecepatan
dalam menyampaikan informasi yang singkat dan padat. Seperti yang dilansir oleh
CNN Indonesia pada tanggal Rabu, 23/03/2016 10:50 WIB bahwa terhitung 21 Maret
2016, Twitter genap memasuki usianya
yang ke-10. Media sosial ini secara global memiliki sekitar 332 juta
pengguna bulanan, dengan 500 juta kicauan dikirim setiap hari dan 200 miliar
kicauan dalam setahun. Dan di Inonesia sendiri berdasarkan data yang diperoleh,
paling tidak ada 4,1 juta tweet yang berasal dari Indonesia. 77 persen pengguna
Twitter di Indonesia aktif setiap
harinya. Dari 77 persen tersebut, 54 persen di antaranya melakukan 2 tweet
setiap harinya. Konten video juga mulai ramai digunakan oleh pengguna Twitter di Indonesia. Setidaknya, ada 44
persen pengguna yang menggunakan video saat melakukan tweet. 43 persen di
antaranya melakukan retweet dari
video yang ada.
Lalu apa
hubungan burung biru dengan dunia PR? Pada jaman saat ini banyak perusahaan
yang menggunakan twitter sebagai
medium dalam menyampaikan kebijakan perusahaan maupun aktivitas di dalam
perusahaan. Melihat banyak pelanggan atau customer
yang sangat kritis saat ini, sehingga berbagai perusahaan berlomba-lomba
membuat akun twitter sebaik mungkin
dengan menampilkan konten yang menarik pada timeline-nya
atau seperti dengan me-mention secara
langsung ke beberapa customer atau
pelanggan dan mengirim Direct Massage
(DM) secara personal merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam fitur
twitter.
Saya
mencoba melakukan riset kecil mengenai PR dalam twitter dengan mengidentifikasi
beberapa hal yang berkaitan dengan dunia PR dalam twitter, pertama saya
mengetik keyword “PR” pada kolom cari
di twitter dan hasilnya adalah beberapa akun teratas di tampilkan oleh twitter
yaitu salah satu model dari Amerika yaitu Bella Hadid dan beberapa akun yang
membahas mengenai PR itu tersendiri seperti @PRNews, @PRNewswire, @MarketingEye dan @PRDaily (Saya hanya mengambil 5 akun teratas tanggal 13 Oktober
2016). Dari hasil tersebut twitter secara random memilih 5 akun tersebut
bedasarkan jumlah followers, keaktifan timeline dan seringnya aktifitas mention
dalam akun-akun tersebut.
Akun
twitter pertama yang muncul adalah akun dari model Amerika yang sedang naik
daun yaitu Bella Hadid @bellahadid.
Akun ini muncul dipertama hasil pencarian bukan karena Bella Hadid adalah
seorang PRO namun Bella Hadid mencantumkan email dari PR-nya pada bio twitter-nya. Jadi dapat dikatakan
twitter men-detect adanya kata PR
dalam bio dari akun Bella Hadid.
Kemudian untuk 2 akun berikutnya yaitu @PRNews
dan @PRNewswire merupakan akun yang
secara aktif mengupdate perkembangan PR dalam lingkup internasional. Berikutnya
akun @MarketingEyeUS adalah akun yang
membahas mengenai periklanan dan branding di Amerika. Dan terakhir akun @PRDaily memiliki fungsi yang kurang lebih
sama dengan akun @PRNews dan @PRNewswire.
Follow them on
twitter if you’re one of PR addicts J or follow me as well @iucup
Selain itu kita juga tentu
tidak asing dengan istilah hashtag
(#) pada twitter bukan? Banyak hashtag yang bertebaran di twitter dengan segala maksud dan tujuan tertentu. Dan PR sendiri
tentu mempunyai hashtag-hashtag yang menjadi ciri khas untuk menghubungkan tweet-tweet dengan fokus PR. Saya juga
telah melakukan riset kecil mengenai hashtag-hashtag
tersebut yang mungkin ada beberapa blog
yang telah membahas hashtag-hashtag
tersebut, namun disini saya akan mencoba menjelaskan hashtag-hashtag tersebut secara singkat, padat dan jelas.
Ada banyak hashtag yang
secara gamblang berfokus pada PR itu sendiri seperti #PR dan #PublicRelations
biasanya dicatutkan pada akhir tweet yang berisikan info mengenai aktivitas PR
perusahaan. Kemudian ada hashtag yang digunakan secara khusus mendefinisikan
tentang kegiatan dalam PR yaitu #branding
dan #personalbranding
yang digunakan untuk usaha yang sedang merintis atau untuk membranding tokoh
tertentu. Kemudian ada juga hashtag #publicity, #crisismanagement, #crisisPR
#reputationmanagement yang lebih berfokus mengenai kegiatan-kegiatan
penanganan krisis dan reputasi perusahaan. Berikut juga hashtag-hashtag yang berisikan mengenai infromasi-informasi magang
dan studi PR bagi pelajar dalam hashtag
#PRStudents.
Jadi, jika anda
penggiat-penggiat PR yang mencoba memperdalami publik anda secara lebih optimal
mari buat akun twitter anda semenarik mungkin dengan konten-konten yang beragam
dan kreatif jangan lupa meletakan hashtag-hashtag
sesuai dengan fokus apa yang sedang ada tuju. Publik dalam twitter sangatlah banyak jumlahnya yang tentu dengan berbagai latar
belakang kebudayaan yang berbeda jadi alangkah baiknya membuat penyeragaman
konten yang akan disebar melalui timeline
anda. Sehingga citra yang coba anda bangun di twitter tersampaikan dengan baik
oleh publik yang ada target.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar