Rabu, 12 Oktober 2016

PRWEET (PR WORLD IN TWITTER)


Jaman sekarang siapa yang tidak mengenal twitter? Hampir setiap orang sudah menggunakan social media dengan berlogo burung biru tersebut, dengan mengusung konsep microblogging yang mengedepankan kecepatan dalam menyampaikan informasi yang singkat dan padat. Seperti yang dilansir oleh CNN Indonesia pada tanggal Rabu, 23/03/2016 10:50 WIB bahwa terhitung 21 Maret 2016, Twitter genap memasuki usianya yang ke-10. Media sosial ini secara global memiliki sekitar 332 juta pengguna bulanan, dengan 500 juta kicauan dikirim setiap hari dan 200 miliar kicauan dalam setahun. Dan di Inonesia sendiri berdasarkan data yang diperoleh, paling tidak ada 4,1 juta tweet yang berasal dari Indonesia. 77 persen pengguna Twitter di Indonesia aktif setiap harinya. Dari 77 persen tersebut, 54 persen di antaranya melakukan 2 tweet setiap harinya. Konten video juga mulai ramai digunakan oleh pengguna Twitter di Indonesia. Setidaknya, ada 44 persen pengguna yang menggunakan video saat melakukan tweet. 43 persen di antaranya melakukan retweet dari video yang ada.

Lalu apa hubungan burung biru dengan dunia PR? Pada jaman saat ini banyak perusahaan yang menggunakan twitter sebagai medium dalam menyampaikan kebijakan perusahaan maupun aktivitas di dalam perusahaan. Melihat banyak pelanggan atau customer yang sangat kritis saat ini, sehingga berbagai perusahaan berlomba-lomba membuat akun twitter sebaik mungkin dengan menampilkan konten yang menarik pada timeline-nya atau seperti dengan me-mention secara langsung ke beberapa customer atau pelanggan dan mengirim Direct Massage (DM) secara personal merupakan salah satu pendekatan yang digunakan dalam fitur twitter.
Saya mencoba melakukan riset kecil mengenai PR dalam twitter dengan mengidentifikasi beberapa hal yang berkaitan dengan dunia PR dalam twitter, pertama saya mengetik keyword “PR” pada kolom cari di twitter dan hasilnya adalah beberapa akun teratas di tampilkan oleh twitter yaitu salah satu model dari Amerika yaitu Bella Hadid dan beberapa akun yang membahas mengenai PR itu tersendiri seperti @PRNews, @PRNewswire, @MarketingEye dan @PRDaily (Saya hanya mengambil 5 akun teratas tanggal 13 Oktober 2016). Dari hasil tersebut twitter secara random memilih 5 akun tersebut bedasarkan jumlah followers, keaktifan timeline dan seringnya aktifitas mention dalam akun-akun tersebut.
Akun twitter pertama yang muncul adalah akun dari model Amerika yang sedang naik daun yaitu Bella Hadid @bellahadid. Akun ini muncul dipertama hasil pencarian bukan karena Bella Hadid adalah seorang PRO namun Bella Hadid mencantumkan email dari PR-nya pada bio twitter-nya. Jadi dapat dikatakan twitter men-detect adanya kata PR dalam bio dari akun Bella Hadid. Kemudian untuk 2 akun berikutnya yaitu @PRNews dan @PRNewswire merupakan akun yang secara aktif mengupdate perkembangan PR dalam lingkup internasional. Berikutnya akun @MarketingEyeUS adalah akun yang membahas mengenai periklanan dan branding di Amerika. Dan terakhir akun @PRDaily memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan akun @PRNews dan @PRNewswire.



Follow them on twitter if you’re one of PR addicts J or follow me as well @iucup

Selain itu kita juga tentu tidak asing dengan istilah hashtag (#) pada twitter bukan? Banyak hashtag yang bertebaran di twitter dengan segala maksud dan tujuan tertentu. Dan PR sendiri tentu mempunyai hashtag-hashtag yang menjadi ciri khas untuk menghubungkan tweet-tweet dengan fokus PR. Saya juga telah melakukan riset kecil mengenai hashtag-hashtag tersebut yang mungkin ada beberapa blog yang telah membahas hashtag-hashtag tersebut, namun disini saya akan mencoba menjelaskan hashtag-hashtag tersebut secara singkat, padat dan jelas.
Ada banyak hashtag yang secara gamblang berfokus pada PR itu sendiri seperti #PR dan #PublicRelations biasanya dicatutkan pada akhir tweet yang berisikan info mengenai aktivitas PR perusahaan. Kemudian ada hashtag yang digunakan secara khusus mendefinisikan tentang kegiatan dalam PR yaitu #branding  dan #personalbranding yang digunakan untuk usaha yang sedang merintis atau untuk membranding tokoh tertentu. Kemudian ada juga hashtag #publicity, #crisismanagement, #crisisPR #reputationmanagement yang lebih berfokus mengenai kegiatan-kegiatan penanganan krisis dan reputasi perusahaan. Berikut juga hashtag-hashtag yang berisikan mengenai infromasi-informasi magang dan studi PR bagi pelajar dalam hashtag #PRStudents.


Jadi, jika anda penggiat-penggiat PR yang mencoba memperdalami publik anda secara lebih optimal mari buat akun twitter anda semenarik mungkin dengan konten-konten yang beragam dan kreatif jangan lupa meletakan hashtag-hashtag sesuai dengan fokus apa yang sedang ada tuju. Publik dalam twitter sangatlah banyak jumlahnya yang tentu dengan berbagai latar belakang kebudayaan yang berbeda jadi alangkah baiknya membuat penyeragaman konten yang akan disebar melalui timeline anda. Sehingga citra yang coba anda bangun di twitter tersampaikan dengan baik oleh publik yang ada target.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar